Senin, 13 Februari 2012

Sistem Jaringan Komputer




Silakan  Anda   perhatikan, jaringan computer menghubungan dua computer atau lebih  yang berada pada suatu gedung, sebuah kota, sebuah wilayah, dan secara global. Hal ini dapat pula kita analogi kan dengan kehidupan sosial. Ada lingkup keluarga yang dibangun oleh individu-indivdu, lingkup rukun tetangga yang terdiri atas beberapa keluarga dan seterusnya sanpai lingkup internasional. Demikian halnya dengan koneksi pada sistem jaringan internet. Berdasarkan teknologi yang digunakan dan lingkup area geografi, secara umum sistem jaringan komputer dapat digolongkan sebagai berikut.



A.    Local Area Network ( LAN )



Jaringan  jenis LAN biasanya digunakan untuk area atau wilayah yang kecil misalnya jaringan  pada sebuah bangunan, sekolah, unit lembaga atau kampus. Fungsi LAN sebagai satu jaringan  yang menghubungkan sejumlah komputer yang berada dalam kawasan  tertentu seperti di dalam kampus, dalam sebuah bangunan,  dan dalam ruang yang yang seringkali dihubungkan dengan minikomputer. Namun begitu, jarang sekali LAN meliputi kawasan yang  lebih dari satu gedung. Komputer-komputer ini dapat dihubungkan dengan pelbagai     cara  seperti kabel pasangan, serat optik, kabel telepon,

dan cahaya inframerah,  serta isyarat radio.
Konfigurasi keterhubungan antara beberapa komputer dikenal dengan topologi. Setiap topologi perlu melaksanakan kerjasama yang biasa ditemui  dalam jaringan   yaitu  pesan  dari satu komputer ke komputer yang lain atau petunjuk supaya menjalankan tugas yang tersimpan di dalam jaringan. Data atau tugas yang diminta oleh pemesan  mungkin disimpan pada komputer yang digunakan oleh seorang rekan kerja dalam jaringan  atau pada layanan file   yang disebut komputer server.  Sebuah server adalah komputer khusus yang dapat melayani kebutuhan komputer lain dalam lingkup tersebut. Pelayan file   biasanya merupakan komputer berkapasitas tinggi dan mempunyai perangkat keras yang tidak digunakan oleh individu pada jaringan  itu. Pelayan file   mempunyai tempat untuk semua data dari sistem jaringan. Selain itu, pelayan file   hanya untuk melayan semua komputer yang berada di dalam sistem jaringan. Komputer-komputer yang disambung dengan pelayan file   dikenali sebagai stasiun kerja (workstations). Stasiun kerja tidak semestinya memiliki otoritas seperti pelayan komputer, namun komputer-komputer dapat  mempunyai data tambahan pada perangkat keras masing-masing. Setiap komputer yang menggunakan pelayan file dari server dikenal sebagai pelanggan (client). Perangkat cetak dapat  juga disambung dengan jaringan  supaya dapat digunakan oleh semua pelanggan LAN. Untuk menggunakannya, jaringan  haruslah menerima pesanan dari  komputer individu atau node  yang dihubungkan pada jaringan  dan mempunyai cara untuk mengendalikan pesanan yang datang secara serentak. Komputer yang mendapat pelayanan jaringan, harus mempunyai cara untuk menghantar pesan  dari satu komputer ke komputer lain supaya pesan hanya menuju node  yang diperlukan dan tidak muncul di komputer yang lain.  Sistem jaringan  melakukan semua proses secepat mungkin sambil memberi pelayanan yang seadil mungkin mengikut giliran di antara node  lain di dalam LAN.
Gambar 2.2  Jaringan Internet
B.      Metropolitan Area Network ( MAN )


Jaringan  kawasan metropolitan (metropolitan area network/MAN)  lazimnya  melingkupi kawasan yang lebih luas dibanding dengan LAN. Jaringan  MAN biasanya dioperasikan di bandara-bandara, gabungan beberapa buah sekolah ataupun di sebuah daerah. Dengan menjalankan suatu jaringan  keterhubungan yang besar, informasi  dapat disebarkan dengan lebih meluas, cepat dan bermakna. Perpustakaan-perpustakaan umum dan agen-agen  pemerintahan biasanya menggunakan MAN. Satu contoh penggunaan MAN adalah  di Pasco County yang terletak di Florida, Amerika Serikat. Jaringan  MAN di sini dikenal sebagai ‘the MIND Network’ yang mana jaringan  tersebut berfungsi menghubungkan semua pusat media Pasco  dengan komputer utama (centralized mainframe) yang terletak di daerah dengan menggunakan telephon kabel koaksial,  atau alat komunikasi tanpa kabel (wireless communications providers). Sebagai contoh dalam bidang perdagangan, satu komputer pribadi menghantar data kepada satu minikomputer atau komputer utama (server ). Ini hanya akan berlaku jika komputer pribadi tersebut dapat  bersaing atau sebagai terminal. Jika sebuah komputer pribadi digunakan sebagai terminal, memindahkan file (file  transfer software) membolehkan pengguna untuk mengambil file   (download) dari hos ataupun menghantar data ke hos (upload). Download file berarti membuka dan mengambil data dari sebuah komputer pribadi yang lain dan menghantar data ke komputer yang berkenaan yang diminta oleh pengguna. Upload file  berarti pengguna membuka file data dan menghantarkannya ke sebuah komputer yang lain.



C.      Wide Area Network (WAN)



Jaringan  kawasan luas (wide area network/WAN) menghubungkan komputer  pada suatu kawasan yang lebih luas secara geografi, contoh menghubungkan Florida, Amerika Serikat dengan dunia.   Jaringan  WAN berupaya  menghubungkan sekolah-sekolah di Florida dengan tempat-tempat lain di dunia sebagai contoh Tokyo hanya dalam waktu beberapa menit saja, tanpa perlu menyediakan sejumlah uang  yang besar untuk membayar telepon. Namun demikian, jaringan  WAN ini lebih rumit dan kompleks. Ia memerlukan pelbagai peralatan  dan data sebelum jaringan  setempat dan metropolitan berhubungan dengan komunikasi secara global dan antarabangsa seperti internet. Pada dasarnya, jaringan  WAN hampir serupa dengan LAN atau MAN.  Jaringan  kawasan luas yang menggabungkan dua atau lebih jaringan  kawasan setempat dan biasanya melibatkan suatu kawasan geografi yang luas. Con-tohnya, satu lembaga  yang mempunyai ibu kota di suatu tempat, kilang di suatu tempat yang lain dan gabungan pe-masaran di suatu kawasan yang agak jauh dari kedua kawasan tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar